Senin, 19 Maret 2012

Mitos Suatu Daerah

A. Pengertian mitos

Mitos adalah cerita prosa rakyat yang ditokohi  oleh para dewa atau makhluk setengah dewa yang terjadi di dunia  lain (kahyangan) pada masa lampau dan dianggap benar-benar  terjadi oleh yang sempunya cerita atau penganutnya. Mitos juga disebut Mitologi, yang kadang diartikan Mitologi adalah cerita rakyat yang dianggap benar-benar terjadi dan bertalian dengan terjadinya tempat, alam semesta, para dewa, adat istiadat, dan konsep dongeng suci. Jadi, mitos adalah cerita tentang asal-usul alam semesta, manusia, atau bangsa yang diungkapkan dengan cara-cara gaib dan mengandung arti yang dalam. Mitos juga mengisahkan  petualangan para dewa, kisah percintaan mereka, kisah perang mereka dan sebagainya.

B. Mengapa mitos dipercaya

Karena mitos pada umumnya menceritakan tentang terjadinya alam semesta, dunia, bentuk khas binatang, bentuk topografi , petualangan para dewa, kisah hidup para dewa dan sebagainya. Mitos sangat berpengaruh pada kehidupan masyarakat, khususnya masyarakat tradisional yang masih sangat kental budaya kedaerahannya. Mereka kebanyakan mengabaikan logika dan lebih mempercayai hal-hal yang sudah turun temurun dari nenek moyang. Pada dasarnya, mitos orang zaman dahulu memiliki tujuan yang baik untuk kelangsungan hidup keturunannya. Tetapi mereka cenderung menggunakan cara yang keras atau lebih tepatnya tidak masuk akal tidak bisa diterima oleh logika.

C. Contoh mitos yang telah ada

Mitos Nyi Roro Kidul
Sebenarnya banyak cerita ganjil yang tidak masuk akal dari mitos nyi roro kidul penguasa laut selatan . Namun sayangnya, masyarakat yg akar kebudayaannya selalu mengunjungi nilai nilai warisan budaya dan mitos dari nenek moyang, tidak peduli .
Sebagian masyarakat disana masih saja memberikan persembahan dengan melarung berbagai macam sesaji ke laut selatan, untuk menyenangkan hati sang ratu . Dipercaya oleh mereka bahwa dengan sesaji tersebut, maka ratu pantai selatan akan memberikan mereka rejeki yang lebih banyak lagi .
Dari cerita tersebut , dapat kita ambil sebuah pelajaran bahwa kekuatan sebuah mitos, dalam membangun kultur budaya di masyarakat sangat kuat adanya . bahkan bisa mempengaruhi pola pikir dan gaya hidup sebuah dunia .


sumber :
http://www.sentra-edukasi.com/2011/06/pengertian-dan-contoh-contoh-mitos-di.html
http://www.anneahira.com/dongeng-nyi-roro-kidul.htm


1 komentar:

  1. Hei friend, karena kita ini mahasiswa gundar, tolong ya blognya di kasih link UG,

    seperti www.gunadarma.ac.id, Studentsite

    studentsite.gunadarma.ac.id dan lain lain karna link link tersebut mempengaruhi

    kriteria penilaian mata kuliah soft skill

    Selain itu, Yuk ikut lomba 10 kategori lomba khusus bagi mahasiswa Universitas Gunadarma. Edisi Desember 2012

    ini diperuntukan bagi mahasiswa S1 dan D3. Tersedia 100 pemenang, atau 10 pemenang

    untuk setiap kategori. link

    http://studentsite.gunadarma.ac.id/news/news.php?stateid=shownews&idn=755

    Oh iya, kalian nggak mau ketinggalan kan untuk update terhadap berita studentsite

    dan BAAK, maka dari itu, yuk pasang RSS di Studentsite kalian...untuk info lebih

    lanjut bagaimana cara memasang RSS, silahkan kunjungi link ini

    http://hanum.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.5

    makasi :)

    BalasHapus