Sabtu, 04 Mei 2013

Keberhasilan Implementasi Wawasan Nusantara


            Wawasan nusantara perlu menjadi pola yang mendasari cara berpikir, bersikap dan bertindak dalam rangka menghadapi, menyikapi, dan menangani permasalahan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang beroriantasi kepada kepentingan rakyat dan keutuhan wilayah tanah air. Wawasan nusantara juga perlu diimplementasikan dalam kehidupan politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan serta dalam upaya menghadapi tantangan – tantangan dewasa ini.

Karena itu, setiap warga negara indonesia perlu memiliki kesadaran untuk :

1. Mengerti, memahami, dan menghayati hak dan kewajiban warga negara serta hubungan warga negara dengan negara, sehingga sadar sebagai bangsa indonesia yang cinta tanah air berdasarkan pancasila, uud 1945, dan wawasan nusantara.

2. Mengerti, memahami, dan menghayati bahwa di dalam menyelenggarakan kehidupannya negara memerlukan konsepsi wawasan nusantara, sehingga sadar sebagai warga negara yang memiliki wawasan nusantara guna mencapai cita – cita dan tujuan nasional.

3.  Konsepsi wawasan nusantara sehingga sadar sebagai warga negara yang memiliki cara pandang.

            Untuk mengetuk hati nurani setiap warga negara indonesia agar sadar bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, diperlukan pendekatan dengan program yang teratur, terjadwal, dan terarah. Hal ini akan mewujudkan keberhasilan dari implementasi wawasan nusantara.

Implementasi wawasan nusantara

            Penerapan wawasan nusantara harus tercermin pada pola pikir, pola sikap dan pola tindak yang senantiasa mendahulukan kepentingan negara.

A.       Implementasi dalam kehidupan politik,
B.       Implementasi dalam kehidupan ekonomi,
C.       Implementasi dalam kehidupan sosial budaya,
D.       Implementasi dalam kehidupan pertahanan keamanan.

Ø  kehidupan politik

     Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengimplementasikan wawasan nusantara, yaitu:

            Pelaksanaan kehidupan politik yang diatur dalam undang-undang, seperti uu partai politik, uu pemilihan umum, dan uu pemilihan presiden. Pelaksanaan undang-undang tersebut harus sesuai hukum dan mementingkan persatuan bangsa.contohnya seperti dalam pemilihan presiden, anggota dpr, dan kepala daerah harus menjalankan prinsip demokratis dan keadilan, sehingga tidak menghancurkan persatuan dan kesatuan bangsa.
            Pelaksanaan kehidupan bermasyarakat dan bernegara di indonesia harus sesuai denga hukum yang berlaku. Seluruh bangsa indonesia harus mempunyai dasar hokum yang sama bagi setiap warga negara, tanpa pengecualian. Di indonesia terdapat banyak produk hukum yang dapat diterbitkan oleh provinsi dan kabupaten dalam bentuk peraturan daerah (perda) yang tidak bertentangan dengan hukum yang berlaku secara nasional.
            Mengembagkan sikap hak asasi manusia dan sikap pluralisme untuk mempersatukan berbagai suku, agama, dan bahasa yamg berbeda, sehingga menumbuhkan sikap toleransi.
            Memperkuat komitmen politik terhadap partai politik dan lembaga pemerintahan untuk menigkatkan semangat kebangsaan dan kesatuan.
            Meningkatkan peran indonesia dalam kancah internasional dan memperkuat korps diplomatic ebagai upaya penjagaan wilayah indonesia terutama pulau-pulau terluar dan pulau kosong.

Ø  kehidupan ekonomi

            Wilayah nusantara mempunyai potensi ekonomi yang tinggi, seperti posisi khatulistiwa, wilayah laut yang luas,hutan tropis yang besar, hasil tambang dan minyak yang besar, serta memeliki penduduk dalam jumlah cukup besar. Oleh karena itu, implementasi dalam kehidupan ekonomi harus berorientasi pada sektor pemerintahan, pertanian, dan perindustrian.
            Pembangunan ekonomi harus memperhatikan keadilan dan keseimbangan antardaerah. Oleh sebab itu, dengan adanya otonomi daerah dapat menciptakan upaya dalam keadilan ekonomi.
            Pembangunan ekonomi harus melibatkan partisipasi rakyat, seperti dengan memberikan fasilitas kredit mikro dalam pengembangan usaha kecil.

Ø  kehidupan sosial

            Mengembangkan kehidupan bangsa yang serasi antara masyarakat yang berbeda, dari segibudaya,status sosial maupun daerah. Contohnya dengan pemerataan pendidikan di semua daerah dan program wajib belajar harus diprioritaskan bagi daerah tertinggal.
            Pengembangan budaya indonesia, untuk melestarikan kekayaan indonesia, serta dapat dijadikan kegiatan pariwisata yang memberikan sumber pendapatan nasional maupun daerah. Contohnya dengan pelestarian budaya, pengembangan museum, dan cagar budaya.

Ø  kehidupan pertahanan dan keamanan

            Membagun tni profesional merupakan implementasi dalam kehidupan pertahanan keamanan.

            Kegiatan pembangunan pertahanan dan keamanan harus memberikan kesempatan kepada setiap warga negara untuk berperan aktif, karena kegiatan tersebut merupakan kewajiban setiap warga negara, seperti memelihara lingkungan tempat tinggal, meningkatkan kemampuan disiplin, melaporkan hal-hal yang mengganggu keamanan kepada aparat dan belajar kemiliteran.
            Membangun rasa persatuan, sehingga ancaman suatu daerah atau pulau juga menjadi ancaman bagi daerah lain. Rasa persatuan ini dapat diciptakan dengan membangun solidaritas dan hubungan erat antara warga negara yang berbeda daerah dengan kekuatan keamanan.
            Membangun TNI yang profesional serta menyediakan sarana dan prasarana yang memadai bagi kegiatan pengamanan wilayah indonesia, terutama pulau dan wilayah terluar indonesia.

      Tantangan-tantangan implementasi wawasan nusantara antara lain :

1.       Pemberdayaan masyarakat.
2.       Dunia tanpa batas
3.       Era baru kapitalisme
4.       Kesadaran warga

Sumber  :
 - Google
 - S. Sumarsono, pendidikan kewarganegaraan, gramedia pustaka utama, jakarta, 2010, hal.82-89
 - Http://ogiezone.blogspot.com/2009/04/implementasi-dan-tantangan-wawasan.html2
 - Http://ogiezone.blogspot.com/2009/04/implementasi-dan-tantangan-wawasan.html
 - S. Sumarsono, pendidikan kewarganegaraan, gramedia pustaka utama, jakarta, 2010, Hal. 100-101


Tidak ada komentar:

Posting Komentar